RA Perwanida III Galang Asah Kemandirian dan Keberanian Anak

Lamongan - suaraharianpagi.com
   BURGER atau Hamburger menjadi makanan favorit semua kalangan. Termasuk anak-anak karena rasanya yang lezat dan mengenyangkan. Selain itu, cara membuatnya terbilang mudah. Karena itu, RA Perwanida III Galang Sukoanyar Turi Lamongan, rabu (28/9) mengadakan fun cooking sebagai bentuk kegiatan rutin sekolah dengan metode learning by doing yaitu belajar secara langsung mempraktekkan cara membuat burger. 
   Para peserta didik bisa melihat bahkan membuat langsung makanan yang berasal dari luar negeri itu. Irisan roti, sayuran seperti bawang bombai, selada dan daging. Tak lupa dilengkapi mayones atau saus sambal. Bagi yang tak suka pedas bisa menggunakan saus tomat. Setelah itu, hasil karya setiap peserta didik bisa dibawa pulang atau langsung disantap di tempat tersebut. 
   Sementara itu, Kepala RA Perwanida III Lailatul Muniroh, S.Pd menjelaskan fun cooking bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada anak tentang cara pembuatan burger, nama dan komposisi bahan serta cara menyusunnya. Dari sini anak akan belajar banyak hal yaitu mengenal bentuk, tekstur, rasa, warna, memahami intruksi, komunikasi dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Kegiatan ini dipandu oleh mbak Vita staf dari restoran cepat saji KFC Plasa Lamongan dan di dampingi oleh guru kelas," tutur Muniroh. 
   Lanjut Lailatul Muniroh menjelaskan kegiatan kali ini diikuti oleh semua peserta didik RA Perwanida III yang kurang lebih 50 siswa. Karena masih dalam suasana pandemi, maka kegiatan cooking class ini tetap dilaksanakan sesuai dengan protokoler kesehatan. Selama mengikuti kegiatan anak-anak, Guru dan juga wali siswa tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. 
   Perlu di ketahui bahwa kegiatan pagi ini selain cooking Class juga Cooloring Competiton, karena Ada banyak pembelajaran di RA Perwanida III yang diajarkan sambil bermain. Seperti bernyanyi, menghafal doa, mengenal huruf dan angka, dan belajar mewarnai gambar. 
   Diantara berbagai pembelajaran tersebut yang paling popular dan banyak disenangi anak-anak adalah mewarnai gambar. Bagi seorang anak, belajar mewarnai gambar adalah kegiatan yang sangat menantang dan mengasyikkan. Menurut Nur Jamila, salah satu dewan Guru mengatakan bahwa, manfaat yang didapatkan sangat banyak dari aktivitas mewarnai gambar itu. Seperti meningkatkan kemampuan berimajinasi dan kreativitas. 
   Belajar mewarnai gambar juga melatih anak untuk bersikap sabar, tekun dan teliti. Tujuan kegiatan mewarnai gambar agar anak dapat bebas untuk berekspresi dalam menuangkan ide dan gagasannya. Aktivitas ini juga membuat anak menjadi lebih senang dan ceria sekaligus melatih anak mengenal berbagai macam warna. Termasuk belajar memegang pensil warna dan mewarnai gambar secara tepat dan rapi. Semua itu untuk mendukung perkembangan anak dengan baik dalam segi kreativitas dan imajinasi yang kuat, untuk mengatasi anak hiperaktif, kata Nur Jamila, S.Pd. 
   Lebih lanjut Nur Jamila mengatakan bahwa, dalam kegiatan cooking class ini ada lima aspek Perkembangan yang tampak pada anak - anak ini, antara lain perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan motorik halus, perkembangan seni. Kelima aspek muncul dalam pelaksanaan kegiatan cooking class. Sedangkan untuk pembelajaran Cooloring ada enam manfaat untuk tumbuh kembang anak adalah Mengembangkan keterampilan motorik halus, Mengembangkan analisis visual Anak-anak, Membantu membangun konsentrasi Anak , Meningkatkan koordinasi mata dan tangan, Meningkatkan kepercayaan diri dan Berlatih memecahkan masalah secara kreatif, pungkasnya. * Ind
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget