Warga Binaan Lapas II B Lamongan Dapat Remisi

Lamongan - suaraharianpagi.com
   Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia turut dirasakan oleh Warga Binaan pemasyarakatan Lamongan, karena mereka mendapatkan remisi. Pada HUT ke-77 RI ini, ada 476 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lamongan yang mendapatkan remisi umum Kemerdekaan. Dari jumlah tersebut, hanya satu warga binaan yang bisa langsung menghirup udara bebas pada peringatan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus besok, setelah mendapatkan remisi. 
   Menurut Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Lamongan, Mahrus, dari 476 warga binaan yang mendapatkan remisi umum,10 diantaranya adalah warga binaan perempuan. "Remisi ini adalah bentuk apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas, dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri," tutur Mahrus, Selasa (16/8).
   Lanjut Mahrus, warga binaan Lapas Lamongan yang telah mendapatkan remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 ini lebih didominasi oleh warga binaan dari kasus narkotika, yaitu sebanyak 312 orang. "Dari 312 warga binaan kasus narkotika yang mendapatkan remisi, 5 diantaranya adalah perempuan. Karena warga binaan yang mendapatkan remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini telah memenuhi persyaratan seperti yang diatur dalam perundangan. 
   Selain telah menjalani masa pidana selama 6 bulan, persyaratan lain agar bisa memperoleh remisi adalah narapidana harus berkelakuan baik atau tidak melanggar peraturan selama menjalani masa pidana di Lapas Lamongan. Dan Narapidana harus mengikuti program pembinaan yang telah diselenggarakan di Lapas Lamongan dengan baik. 
   Lebih lanjut Mahrus mengatakan, Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 174 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana terkecuali yang dipidana mati atau seumur hidup.
   Adapun 5 jenis remisi yang dapat diperoleh Narapidana yaitu Remisi Umum, Remisi Khusus, Remisi Kemanusiaan, Remisi Tambahan, dan Remisi Susulan. Untuk remisi umum pada momen peringatan HUT ke-77 RI ini akan diberikan tepat pada tanggal 17 Agustus besok. 
   Perlu diketahui, per 16 Agustus ini Lapas Lamongan dihuni sebanyak 603 warga binaan, yang terdiri dari 506 narapidana, 97 orang tahanan, Dari ratusan warga binaan ini, ada puluhan warga binaan yang tidak mendapatkan remisi HUT ke-77 RI. "Penyebab belum memperoleh remisi ini karena belum menjalani 6 bulan, pindahan dari UPT lain dan belum diusulkan dari UPT asal, pungkasnya .* Ind
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget