Pelaksanaan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Ruas Jalan

Jombang – suraharianpagi.com
   Dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan publik yang prima, pemerintah berupaya meningkatkan sarana pelayanan, mengoptimalkan sarana yang tersedia serta meningkatkan kualitas pelayanan yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang, dalam meningkatkan sarana pelayanan publik khususnya infrastruktur jalan adalah dengan melaksanakan Kegiatan Pemeliharaan Rutin Jalan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Jombang.
   Pemeliharaan jalan bertujuan untuk melindungi permukaan dan struktur jalan dan mengurangi tingkat kerusakan jalan sehingga memperpanjang umur pakainya, memperkecil biaya pengoperasian kendaraan pada jalan dengan membuat permukaan jalan aman dan nyaman bagi kendaraan yang menggunakan jalan, serta menjaga agar jalan tetap dalam keadaan mantap sehingga memberikan kondisi pelayanan transportasi yang dapat dihandalkan. Pemeliharaan rutin jalan mencakup pekerjaan perbaikan kecil, seperti penambalan lubang pada perkerasan jalan dan termasuk pekerjaan perbaikan untuk menjaga agar jalan tetap pada kondisi yang baik.
   Seiring dengan berjalannya waktu, lapisan perkerasan jalan akan mengalami kerusakan. Apabila kerusakan jalan yang terjadi dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan secara berkala.
   Pelaksanaan pekerjaan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan dilaksanakan pada ruas jalan Penggaron – Bareng, yang terletak di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
   Kegiatan pekerjaan dilakukan pada ruas jalan sepanjang kurang lebih 1 km, dengan volume pekerjaan kurang lebih 450 m². Pekerjaan dilakukan dengan menggunakan metode dan peralatan yang sesuai dengan kemampuan daerah dengan tetap mengikuti petunjuk dan persyaratan teknis pelaksanaan pembangunan jalan yang telah ditetapkan.
   “Selama pekerjaan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan dilaksanakan, dilakukan pengendalian mutu terhadap yang dikerjakan.” Ujar Kabid Sarana dan Prasarana Agung, kepada suaraharianpagi.com, via ponselnya (17/7).
   Masih kata Agung, “jalan Penggaron – Bareng yang kondisinya rusak dikarenakan kendaraan yang melintas membawa muatan melebihi tonase, seperti kendaraan yang membawa bahan matrial bangunan, yang berupa pasir dan batu kali, dari arah Ngantang menuju Jombang dan Surabaya.”
   “Disamping itu, perbaikan jalan dibuat dengan bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas”, pungkas Agung. *ryan
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget