Wisata Edukasi Pengenalan Alam

Lamongan-suaraharianpagi.com
   Proses belajar tidak harus didalam kelas, belajar dapat juga dilaksanakan di alam bebas, tatkala anak-anak yang jenuh di dalam kelas. Sebagai Guru RA dapat mengajak para murid Belajar berwisata alam untuk menumbuhkan minat belajar baru. Karena pada dasarnya esensi tujuan pendidikan pada anak usia dini diantaranya adalah membantu anak mengenali, memahami dan menyesuaikan diri secara kreatif dengan lingkungannya, serta lebih mengenal dan mengerti akan sejarah penyebaran Agama Islam dipulau Jawa. 
   Pengamatan secara langsung terhadap lingkungan alam sekitarnya, akan menyebabkan kecerdasan anak, terutama kecerdasan terhadap pengenalan lingkungan sekitarnya akan berkembang dan tumbuh. Mengacu pada pemahaman ini, KB/RA Perwanida III Galang Sukoanyar Turi Lamongan mengadakan kegiatan pengenalan alam di Wisata Gua Maharani Paciran Lamongan dan Kompleks Makan Sunan Bonang Tuban, Selasa (24/05). 
   Tujuan pembelajaran di alam bebas ini untuk melihat fenomena-fenomena alam, belajar melalui wisata alam ini akan berkesan dalam pikiran anak, dan mengembangkan pemikirannya, merangsang anak-anak untuk berbuat karena mereka membuktikan dan menyaksikan sendiri kejadian alam yang terjadi disekitar mereka. Dengan kegiatan belajar edukasi, kreatifitas, dan aktivitas pengenalan alam ini, para murid KB /RA Perwanida III ini berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga pengetahuan anak terhadap lingkungan bertambah. 
   Selain itu, pengenalan alam sekitar juga meningkatkan perkembangan anak yang lain seperti perkembangan sosial, pribadi dan perkembangan moral anak. Sehingga dengan pengenalan alam sekitar diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan yaitu mengenalkan dan meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan dan alam sekitarnya. Dengan pengenalan alam sekitar, salah satu contoh dengan berkarya wisata seperti yang dilakukan para murid KB/RA Perwanida III ini, anak-anak diharapkan berbaur dalam arti membangun kedekatan dengan temannya, sehingga anak akan menjadi satu kelompok.
   Sementara itu menurut, Lailatul Muniroh, S.Pd, selaku Kepala KB/RA Perwanida III mengatakan bahwa kegiatan ini memang berinisiatif memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Dengan maksud mendorong murid-murid PAUD ini, menghayati nilai-nilai atau aspek-aspek kehidupan yang ada dilingkungannya. Kesadaran akan pentingnya lingkungan dalam kehidupan sebaiknya mulai ditanamkan pada anak sejak dini, sehingga setelah mereka dewasa kesadaran tersebut tetap terpelihara. 
   Adapun kegiatan ini tidak hanya didampingi para pendidik, namun para orangtua juga turut hadir mendampingi putra dan putrinya. Hal ini lantaran, kaum orangtua pun perlu menyadari bahwa alam dan lingkungan sekitar merupakan salah satu media belajar yang dapat menstimulasi atau merangsang kecerdasan anak. “Alam merupakan sarana bermain anak yang mampu meningkatkan daya eksplorasi anak,” ungkap salah satu orangtua murid. * Ind
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget