Ning Ita Ikut Dalam Kirab Mojo Bangkit

Mojokerto - suaraharianpagi.com
   Hari Jadi Kota Mojokerto ke 104 benar-benar sangat meriah. Berbagai acara yang terselenggara mampu menyedot ribuan masyarakat Kota Mojokerto. Mulai dari Mulai dari Sholawat bersama Habib Syech, Festival Kuliner, hingga rangkaian "Jatim Ampuh" diantaranya Kirab Budaya Mojo Bangkit yang telah di gelar di Depan Kantor Pengadilan Agama Kota Mojokerto, sabtu (25/6).
   Acara ini di ikuti oleh 700 orang dari 26 kelompok seni budaya yang menampilkan cerita budaya lintas zaman mulai era kerajaan, kolonial Belanda, penjajahan Jepang, hingga era Kemerdekaan RI. Tarian tradisional tiongkok barongsai, bantengan seni budaya jawa serta tarian reog ikut menyemarakkan.
   Dalam sambutannya Wali Kota Mojokerto akrab di sapa Ning Ita mengucap Syukur Alhamdulillah karena pada tahun 2022 ini bisa merayakan hari jadi Kota Mojokerto ke 104 dengan sangat meriah. Karena selama 2 tahun sedang menghadapi pandemi Covid-19.
   Tentu saat-saat seperti ini adalah saat yang dinantikan bersama-sama, berbagai kegiatan seni budaya, festival kuliner, kegiatan keagamaan dengan bersholawat dan mendengarkan pengajian dari kyai merupakan berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi Kota Mojokerto ke 104,” ucapnya.
           Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam terselenggaranya Kirab Budaya Mojo Bangkit 2022. Saat ini Kota Mojokerto menjadikan Mojo Bangkit sebagai icon seni budaya tahunan. Dimana setiap tahun melalui kegiatan yang sifatnya kolosal ini kita libatkan seluruh unsur masyarakat secara langsung memainkan peran dalam Kirab Budaya Mojo Bangkit. Di dalam kirab Budaya ini terdapat literasi terkait sejarah Mojopahit karena Mojokerto mengusung “Spirit of Mojopahit dalam membangun Kota Mojokerto,” jelas Ning Ita.
   Ning Ita berharap melalui Kirab Mojo Bangkit, seluruh masyarakat Kota Mojokerto terhibur dan mendapatkan pembelajaran. Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk memulihkan kembali kejayaan Majapahit, Bumi Majapahit di Kota Mojokerto.
   Acara di buka dengan tari sekar mojo, tari arya wiratama, fragmen tari tribuana tungga dewi (dyah kertawardhana, dan gajah mada, prajurit melati putih), serta flashmob remo jugag. Kirab Mojo Bangkit di mulai dengan start di Jalan Raya Surodinawan dan finish di Rumah Rakyat Kota Mojokerto di Jalan Hayam Wuruk Kecamatan Magersari. Wali Kota dan suami ikut dalam kirab dengan menaiki kereta kencana. *ADV/ds
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget