Semangat Kebersamaan Untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Peluang Investasi Di Masa Pandemi

Jombang – suaraharianpagi.com
Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) menyelenggarakan Business Gathering dengan tema “Semangat Kebersamaan untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Peluang Investasi di Masa Pandemi”. Acara yang dibuka oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab dan dihadiri Staf Ahli, Kepala Disperindag dan nara sumber. Ini diselenggarakan di Ballroom Hotel Yusro Jombang, Kamis (16/12)
   Tujuan Business Gathering tersebut disampaikan oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab adalah bahwa Pemerintah Kabupaten Jombang ingin meningkatkan kembali geliat produksi serta daya saing di tengah kondisi pandemi covid-19, dengan mempertemukan UMKM, dengan harapan dapat naik kelas dari yang mikro menjadi kecil dari kecil menjadi menengah dan dari menengah menjadi besar. Sehingga UMKM di Kabupaten Jombang semakin kuat dan mampu bersaing di pasar global. Selain itu juga meningkatkan kesejahteraan UMKM, meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat, dan bermitra dengan pengusaha.
   “Saya berharap kepada para pengusaha toko modern yang ada di Kabupaten Jombang untuk dapat memfasilitasi UMKM untuk bisa berkembang bekerjasama dan tumbuh lebih baik,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.
   Melihat potensi yang ada, disampaikan Bupati perempuan pertama di Kabupaten Jombang ini bahwa UMKM Kabupaten Jombang yang beraneka ragam dan bergerak di berbagai sektor seperti makanan minuman dan kerajinan telah mampu memproduksi produk-produk yang bervariasi dan berkualitas, yang didukung oleh sumber daya, sarana dan prasarana yang memadai. Namun dilain pihak UMKM ini masih membutuhkan pengembangan pemasaran, permodalan dan masih minimnya branded.
   UMKM Kabupaten Jombang saat ini masih membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jombang serta diharapkan dapat bermitra dengan pengusaha toko modern atau usaha besar.
   Berdasarkan realita permasalahan UMKM yang ada di Kabupaten Jombang, maka perlu adanya peran aktif dan kepedulian semua pihak dalam rangka menumbuhkembangkan UMKM di Kabupaten Jombang. Baik pihak swasta dengan CSR dan kemitraan perbankan dengan permodalannya dan perguruan tinggi dengan analisa dan kajiannya.
   “Untuk itu, jika semua unsur kekuatan yang ada di Kabupaten Jombang apabila memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Jombang maka saya yakin keberadaan UMKM akan kuat mandiri dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan pengusaha. Hal ini terbukti pertumbuhan UMKM kita semakin hari semakin bertambah baik kualitas kuantitas maupun aneka ragam jenis produksi sehingga UMKM Jombang mampu pertahanan terhadap goncangan ekonomi nasional dan dunia yang kurang stabil,” tandas Bupati Mundjidah Wahab.
   Wor Windari, Kepala DPMPTSP Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa temu usaha ini dalam rangka membangun kerjasama pengusaha/Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan pemerintah daerah dalam upaya memberikan motivasi dari pengusaha besar kepada para UMKM Kabupaten Jombang agar mampu menciptakan potensi usaha dan membaca peluang pasar dengan membangun sinergi/kemitraan yang saling membutuhkan, paparnya.
   Selain itu, temu usaha ini memberikan kepercayaan diri kepada pengusaha UMKM Kabupaten Jombang terhadap potensi usaha yang dimiliki dan dalam rangka menghadapi persaingan global. Meningkatkan hubungan dan kerjasama bisnis antara para pelaku usaha di dalam maupun di luar kabupaten Jombang. Mampu mensinergikan pemasaran potensi.
   Pada Business Gathering tersebut juga disampaikan materi terkait Semangat Kebersamaan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk / Investasi Daerah di Masa Pandemi oleh dr. Juniardi, Presiden Kelompok Pecinta Business Indonesia (KPBI) dari Malang, selaku narasumber. Menurutnya di masa pandemi Covid 19 mendorong para pelaku usaha untuk tetap semangat tidak perlu takut untuk Business diberbagai bidang asal tetap menjaga Protokoler Kesehatan. *ryan
Tags:

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget