[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional Level Desa

Lamongan - suaraharianpagi.com

   Badan Usaha Milik Desa merupakan badan usaha yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa serta usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Jadi kunci pemulihan ekonomi nasional di level desa itu tergantung pada geliatnya BUMDes. Menurut Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT RI) dalam kunjungan kerjanya ke Taman Wisata Bahagia Mahoni Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan. “Semua bicara pemulihan ekonomi nasional. BUMN bagaimana mengelolah agar terjadi proses pemulihan ekonomi nasional. Sedangkan untuk level desa kuncinya di BUMDes yang harus bisa menggerakkan ekonomi di Desa,” tutur Abdul Halim, Sabtu (05/06).

   Lanjut Dia, apabila terdapat 50 persen dari jumlah Desa di Kabupaten Lamongan, terang Gus Menteri sapaan Abdul Halim Iskandar, bisa menggeliatkan BUMDes maka ekonomi Desa akan mengalami pemulihan yang luar biasa.“Nggak usah banyak-banyak 50 persen BUMDes di Lamongan bagus dan bisa menggeliatkan ekonomi Desa. Itu sudah luar biasa karena akan meringankan tugas dari Pemkab Lamongan untuk pemulihan ekonomi di level Desa,” terangnya. Lebih lanjut Gus Menteri menjelaskan, pada prinsipnya kehadiran BUMDes untuk kesejahteraan warga desa. Menurutnya, kalau perlu BUMDes justru harus bisa mengkonsolidasi UMKM yang ada di Desa, mencarikan pemasaran yang lebih maksimal serta memfasilitasi pelatihan packaging dan produksi.

   “Semua usaha boleh dilakukan BUMDes, kecuali usaha yang sudah dilakukan oleh warga masyarakat sekitar supaya tidak menjadi kompetitor. Dengan kata lain BUMDes tidak boleh mengambil unit usaha yang menjadi kompetitornya warga setempat,” katanya.  Semua Desa di Kabupaten Lamongan akan mendapatkan proyeksi wisata Desa, tutur Gus Menteri, seperti contohnya Desa Kendal yang bisa menyajikan wisata desa menarik dengan adanya sirkuit cross yang menghadirkan pemain nasional. “Kalau Lamongan nantinya memiliki wisata Desa menarik seperti di Desa Kendal maka pemulihan ekonomi akan cepat meningkat juga,” pungkasnya.  

   Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menegaskan, pemulihan ekonomi nasional di level desa melalui BUMDes merupakan program yang juga telah dikembangkannya menggerakkan kebangkitan ekonomi.“Itu sudah inlen dengan apa yang saya sampaikan bahwa di masa pandemi ini ada dua hal, penanganan masalah pandemi dan masalah pemulihan ekonomi,” terang Yuhronur Efendi. Lanjut  Yuhronur Efendi berharap, dengan adanya BUMDes bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga perputaran ekonomi bisa kembali bangkit. * Ind

Posting Komentar

[facebook]

XxX

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget