[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

PPDB Tahun 2021/2022, Dinas Pendidikan Jombang Bekerjasama dengan Telkom

Jombang – suaraharianpagi.com

   Tidak terasa tahun ajaran baru sebentar lagi akan datang. Seperti biasa, ketika tahun ajaran baru calon peserta didik, wali murid, hingga sekolah sibuk mempersiapkan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022.

   Mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomer. 1 tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan melalui empat jalur pendaftaran yaitu, jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dan jalur prestasi.

   Sementara, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Untuk mewujudkannya Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang bekerja sama dengan salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, yaitu PT. Telkom Indonesia.

   Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo mengatakan, pendaftaran PPDB dengan menggunakan system online tersebut sangat membantu kerja Dinas Pendidikan, karena begitu data tidak valid, maka system tersebut yang akan menolak dengan sendirinya.

   “seperti peserta didik baru harus terdaftar di Kartu Keluarga minimal satu tahun sebelum mengikuti pendaftaran. Seandainya belum satu tahun usianya terdaftar di Kartu Keluarga tersebut, lalu dibuat mengikuti PPDB 2021/2022 pasti pendaftarannya ditolak oleh system online tersebut” terangnya kepada awak media.

   Agus menambahkan, pemanfaatan media internet dalam pelaksanaan PPDB ini diharapkan akan meningkatkan mutu dan kualitas pelaksanaan pendaftaran. Hal ini karena pelaksanaan pendaftaran secara online akan mendorong pelayanan PPDB di Kabupaten jombang untuk lebih cepat, lebih mudah, transparan, efektif, dan efisien.

   Untuk pelaksanaannya, Kabupaten Jombang membagi (PPDB) online ke dalam beberapa jalur masuk, diantaranya PPDB Online SMP jalur umum, jalur keluarga miskin dan jalur prestasi. Selain itu terdapat PPDB Online SMA/SMK jalur umum, jalur keluarga miskin dan jalur prestasi.

   Kemudian untuk alur pendaftaran dan ketentuan PPDB Online di Kabupaten Jombang, diantaranya setiap calon peserta didik baru wajib mengikuti TPA/UKD dengan cara melakukan pendaftaran untuk tes TPA/UKD, mengikuti pelaksanaan tes TPA/UKD serta mengambil hasil dari tes TPA/UKD.

   Bagi calon peserta didik baru yang ingin mendaftar ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wajib untuk mengikuti tes bakat dan minat di sekolah yang dituju.

Kemudian setiap calon peserta didik baru akan mendapatakan PIN dari sekolah tempat dilaksanakannya TPA/UKD.

   Setiap calon peserta didik baru dapat mendaftar secara mandiri pada laman resmi https://jombang.siap-ppdb.com dengan memilih salah satu jalur di bawah ini:

-          Jalur Umum: Setiap calon peserta didik dapat langsung melakukan proses pendaftaran secara mandiri dengan mengisi formulir digital yang telah tersedia.

-          Jalur Keluarga Miskin: Setiap calon peserta didik baru diwajibkan untuk melakukan verifikasi surat keterangan tidak mampu ke sekolah yang menjadi tujuan. Setelah itu calon peserta didik baru dapat melakukan pendaftaran secara mandiri dengan mengisi formulir digital yang telah tersedia.

-          Jalur Prestasi: Setiap calon peserta didik baru diwajibkan untuk melakukan proses verifikasi piagam/sertifikat kejuaraan ke sekolah yang menjadi tujuan. Setelah itu calon peserta didik baru dapat melakukan pendaftaran secara mandiri dengan mengisi formulir digital yang telah tersedia.

   Setelah melakukan pendaftaran, setiap calon peserta didik baru diharapkan untuk mencetak dan menyimpan bukti hasil pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Jombang yang telah dilakukan.

   Setiap calon peserta didik baru dapat melihat perkembangan hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kabupaten Jombang secara online di laman https://jombang.siap-ppdb.com. Kemudian calon peserta didik baru diizinkan untuk melakukan pembatalan pendaftaran sebanyak 3 kali, dan diperkenankan untuk mendaftar lagi.

   Setelah pengumuman hasil akhir, setiap calon peserta didik baru diwajibkan untuk melakukan daftar ulang ke sekolah tujuan tempat diterima. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. * ryan

 

Posting Komentar

[facebook]

XxX

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget