[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

76 Desa di Lamongan Rawan Banjir

 

Lamongan - suaraharianpagi.com

Berdasarkan hasil pemetaan yang telah dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lamongan, terdapat 76 Desa rawan terjadi banjir, seiring dengan meningkatnya intensitas hujan. Desa tersebut tersebar di 9 kecamatan yang berada di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo.

Menurut, Mugito Kepala BPBD kabupaten Lamongan mengatakan, bahwa yang paling rawan banjir adalah wilayah yang dilalui sungai Bengawan Solo di kiri kanannya, sama yang berposisi pada kawasan Bengawan Jero. Kalau total Desanya kurang lebih 76 Desa di 9 Kecamatan. Mulai dari Babat sampai Kecamatan Glagah,"usai menggelar apel kesiapsiagaan bencana, di Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Lamongan, Rabu (25/11).

 Lanjut Mugito, Selain banjirbencana lain yang rawan terjadi ketika musim penghujan di Lamongan adalah tanah longsor dan angin puting beliung, yang merupakan dampak dari fenomena La Nina. Adapun bencana tanah longsor baik di sepanjang sungai Bengawan Solo maupun daerah perbukitan seperti di Lamongan bagian utara dan selatan. Sedangkan untuk angin puting beliung ini bisa terjadi di wilayah dataran tinggi,"terangnya.

Untuk itu Sebagai langkah antisipasi, BPBD bersama TNI, Polri serta instansi terkait melakukan sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana."Selain simulasi ini, BPBD dan dinas terkait juga sudah bergerak, seperti Dinas Pengairan melakukan normalisasi sungai, pembersihan saluran irigasi dan sebagainya, termasuk teman-teman dari Dinas Perkim, terutama di kawasan kota. Agar nanti sewaktu waktu prediksi BMKG benar terjadi, air bisa bergerak dengan sangat lancar,"kata Mugito.

Sementara itu, Bupati Fadeli berharap berbagai persiapan yang dilakukan tersebut dapat meminimalisir dampak bencana alam, mulai dari banjir luapan sungai Bengawan Solo, tanah longsor hingga puting beliung. "Semoga semuanya bisa tertangani dengan baik. * abi

 

Posting Komentar

[facebook]

XxX

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget