[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

Rehab Gedung SDN 15 Made Diduga Penyimpangan


Jombang - suaraharianpagi.com
   Pelaksanaan rehab gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 15, Desa Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. diduga terjadi banyak penyim pangan.‎ Hal itu diungkapkan oleh Yanto salah satu anggota LSM Gadja Madah yang berkantor di Jalan Gajah Mada Mojokerto, (16/10)‎
   Menurut Yanto, dugaan penyimpangan terhadap pekerjaan rehab gedung SDN 15 Made itu, lantaran menemukan beberapa item pekerjaan yang diduga tidak sesuai RAB.
Penyimpangan itu seperti pada kuda kuda yang seharusnya ada dua batang balok penggapit untuk penyangga antara sudut tengah dan bawah, kiri kanan, ternyata oleh panitia pelaksana dari sekolah ditiadakan alias dikorup, ada sekitar sepuluh sampai lima belas kuda-kuda dari lima local yang direhab yang tidak di pasang balok penggapit, sementara satu kuda kuda diperkirakan membutuhkan dua batang balok, kalau kita kalikan 10 kuda kuda saja, sudah 20 batang balok yang diduga dikorup oleh panitia pelaksana dan Kepala Sekolah SDN 15 Made”, ujarnya.
   Selain itu, dalam pengerjaannya tidak mencantumkan papan nama proyek, sehingga tidak diketahui pagu serta sumber anggaran dari mana. Selanjutnya ia juga mengatakan pada saat mengambil gambar dilokasi sekolahan, sempat diancam akan dipalu oleh salah satu pekerjanya kepala sekolah, yang berlaga sebagai preman yang me-back up pekerjaan tersebut.
 Kami pada waktu itu sempat diancam oleh salah satu pekerja akan dipalu, Kalau memang merasa tidak ada penyimpangan kenapa pekerjanya harus bergaya preman, jangan jangan suruhan Kepala Sekolah untuk menakut-nakuti wartawan yang meliput kegiatan tersebut ujar Yanto dengan nada bertanya.
Disamping itu ada dugaan kayu lama banyak yang hilang karena kayu lama jenis kayu jati yang kondisinya masih bagus dan kuat. Sementara untuk penggantinya kayu kelas dua atau kayu kebon.
   Kepala Sekolah SDN 15 Made ketika akan dikonfirmasi disekolahanya tidak ada ditempat. Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Baris Sulistianto, ketika dikonfirmasi di kantornya mengatakan, saya akan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah dan Konsultan pengawasnya, ketika diperlihatkan foto kuda-kuda yang dipasang di SDN 15 Made, ia katakan “saya bukan orang teknis mas jadi saya belum bisa menjawab foto tersebut, akan segerah saya panggil Konsultan pengawasnya dan Kepala Sekolah. Ketika ditanya apa benar kayu yang lama banyak yang hilang? Saya dengar seperti itu, saya akan segerah cek kelapangan.”
   Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Hendro, yang dihubungi lewat ponselnya, membenarkan kuda kuda yang dipasang di SDN 15 Made tidak sesuai RAB. ya gak sesuai, info konsultan akan ada tambahan penyangganya kata PPK Hendro, lewat komonitas WhatsApp yang dikirim ke ponsel wartawan Suaraharianpagi.com, (15/10).
   Dia berharap, kepada pihak yang berwewenang bisa mengusut tuntas dugaan adanya penyimpangan terhadap pembangunan rehab gedung SDN 15 Made, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang, serta adanya dugaan indikasi penggelapan terhadap bahan bangunan yang lama di sekolahan tersebut. *ryan

Posting Komentar

[facebook]

XxX

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget