[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

Panasnya lokasi titik pengelasan blower


Kebakaran Karena Limbah Las Kabupaten Mojokerto


Mojokerto – suaraharianpagi.com
Jumat tanggal 23 Agustus 2019 Pukul  11.00 s.d 14.00 WIB bertempat  di Perusahaan Paku CV. Hasil Karya Jalan. Raya Jetis Desa. Parengan Kecamatan Jetis Kab. Mojokerto telah terjadi kebakaran yang diduga akibat dari serpian las Kerak kotoran/sisa gram hasil produksi yang panas karena proses pengelasan blower penyaringan.
I.  Adapun kronologi kejadian sebagai berikut :
1. Pada Pukul 11.00 WIB  saat Sdr. Sugeng (Saksi), 36 th, laki-laki, alamat : Ds. Sawotratap Kec.  Sidoarjo Kab. Sidoarjo beserta 4 orang pekerja dimana mereka sebagai pekerja CV. Sawot beralamatkan Jln. Geluran Kec. Taman Kab. Sidoarjo yang sedang melakukan perbaikan blower pembuangan serbuk hasil produksi perusahaan CV. Hasil Karya alamat : Jalan. Raya Jetis Ds. Parengan Kecamatn Jetis Kabupaten Mojokerto yang rencananya akan ditambah saluran penyaringan pembuangan hasil produksi
2. Menurut keterangan saksi kejadian bermula karena adanya asap yang berlebihan pada waktu melakukan pengerjaan blower penyaringan yang disebabkan oleh :
- Panasnya lokasi titik pengelasan blower
- Karena adanya Kerak kotoran/sisa gram hasil produksi bercampur oli yang berakibat timbulnya asap yang banyak dimana dalam pengerjaan blower tersebut seharusnya kerak kotoran ataupun sisa gram harus dibersihkan terlebih dahulu karena kerak tersebut termasuk bahan yang mudah terbakar.
3. Selanjutnya Sdr. Sugeng melaporkan kejadian tersebut kepada Sdr. Iskak (Kepala Bagian Bengkel CV. Hasil Karya Perusahaan Paku), kemudian Sdr. Iskak melaporkan kejadian tersebut kepada satpam dan pimpinan.
4. Guna menghindari hal-hal yang tidak dimungkinkan akibat dari asap maka para pekerja berusaha memadamkan dengan menggunakan air, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Jetis dan menghubungi petugas pemadam kebakaran.
II. Pada  Pukul  12.15 WIB petugas pemadaman kebakaran dari PMK Pemkot Mojokerto,  PMK Pemkab Mojokerto dan PMK Tjiwi Kimia tiba di lokasi kejadian untuk melakukan proses pemadaman.

III. Sedangkan Kerugian Yang Ditanggung :
1. Personil : NIHIL
2. Materiel : Serbuk kayu 10 ton hangus terbakar.
IV. Pada pukul 14.00 Wib asap yang timbul berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran selanjutnya dilakukan pembasahan sampai dengan saat ini guna menghindari masih adanya asap ataupun sisa-sisa api yang berpotensi menimbulkan kebakaran lagi.

V. Dmikian dilaporkan UMP.
Pendapat pelapor
Kejadian kebakaran yang diduga akibat dari serpian las Kerak kotoran / sisa gram hasil produksi yang panas karena proses pengelasan blower penyaringan dan situasi sampai saat ini aman terkendali. *rilies*ries

Posting Komentar

[facebook]

XxX

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget