Halloween Costume ideas 2015
[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

LP Polsek Tosari Di Pertanyakan, Pelapor Bisa Kena Pidana

LP Di Pertanyakan, Pelapor Bisa Terpidana
Pasuruan - Suaraharianpagi.com
    (4/12) terkait laporan polisi nomor:/lp/VIII/2017/Jatim/Res.Pas/Sek.Tsr tertanggal 14 September 2017 lalu dengan pelapor Nyoman warga Tosari kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan yang bekerja sebagai ASN di Kecamatan Tosari berbuntut panjang. Pasalnya, isi dari Lp tersebut terdapat beberapa kejanggalan yang diantaranya; tidak adanya terlapor atau seseorang yang indikasi jadi tertuduh dalam Lp kasus pencurian dirumah korban pasangan Nyoman dan Wayan.  Serta pada saat penjemputan saudara Karya jaya slamet (yahya) dirumahnya juga terkesan dipaksakan ,karena tanpa adanya surat perintah dari Kapolsek atau Penyidik sebagai dasar untuk meminta keterangan warga negara Indonesia yang sedang tersangkut perkara pidana dan dalam proses Lidik .
   Merujuk pada Peraturan Kapolri No 14 tahun 2012 tentang management Penyidikan huruf (h) Undang-undang RI no 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik .angka 3 menyangkut ruang lingkup "Dalam penyusunan SOP ini, meliputi bidang pelayanan,penegakan hukum terhadap masyarakat yang menjadi Konsumen dibidang penyidikan (korban, saksi dan tersangka) akan memberikan informasi atau keterangan pada penyidik (petugas reserse) maupun masyarakat yang meminta bantuan perlindungan dan pengayoman dalam pembuatan keterangan kriminal".  Selain itu, menurut ketentuan hukum (b) pasal 112 (1) KUHAP yang mengatur tata cara pemanggilan tersangka dan saksi dengan menggunakan surat panggilan syah yang menyebutkan secara jelas serta memperhatikan tenggang waktu yang wajar. 
   Dan ditambah Perkap RI no.12 tahun 2009 tentang pengawasan dan pengendalian penanganan perkara pidana dilingkungan polri pasal 4 (4) terhadap penyidik yang melakukan penyimpangan atau menyalahgunakan kewenangan harus dikenakan tindakan Koreksi dan diterapkan sanksi administrasi atas tindakan pelanggaran yang dilakukan secara proporsional.
   Menurut Kanit Reskrim Polsek Tosari Dwi Cahyono sewaktu ditemui beberapa wartawan di Mapolres Bangil Pasuruan ruang unit III Tipikor. Kenapa karya jaya slamet (yahya) mau dijemput anggota polsek Tosari an.Harioto, Nyoman, Made dirumahnya untuk dibawa ke polsek kalau memang anggota tidak membawa surat perintah untuk itu, kan bisa menolak ...! Sedangkan saya memang waktu itu tidak ada ditempat. Selanjutnya, yang menjadi dasar karya jaya slamet dijemput untuk dimintai keterangan adalah, saudara Nyoman (pelapor) pernah melihat yahya nama panggilan karya jaya slamet memakai Hp dengan merk yang sama saat berpapasan dijalan dan masih menurut Kanit Reskrim Polsek Tosari jikalau HP milik nyoman tersebut sewaktu beli dulu di saudara Dedik tukang servis atau penjual Hp setempat. 
   Dan dalam perkara ini, sebetulnya Jaya tidak ada kaitan, cuma karena punya Hp yang sama dengan korban pencurian tersebut.serta pada saat dimintai keterangan kurang lebih 2 jam dan Hp yang bersangkutan kami sita sekitar satu minggu. Sedangkan yang menjadi saksi pelapor adalah sugeng (towo) 39 tahun seorang sopir. Untuk memulihkan nama baik Yahya, kami akan mengadakan pertemuan antara Nyoman (pelapor) dengan Karya jaya slamet yang merasa dirugikan dengan adanya perkara ini serta pihak desa juga warga dalam waktu dekat .Pungkas Dwi Cahyono pada wartawan.
   Perkap no.12 tahun 2009 huruf (c) yang mengatur tentang pelaporan "bersedia dituntut sesuai ketentuan hukum pidana yang berlaku ,bilamana pernyataan atau keterangan yang dituangkan dalam Laporan Polisi (LP) ternyata dipalsukan dan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya atau fitnah".

   Saya dan keluarga besar di Tosari menunggu janji Kanit Reskrim tersebut untuk memediasi di kantor Polsek Tosari dan kalau tidak terlaksana, saya akan melanjutkan laporan ke penyidik polres maupun polda perkara yang sudah mencemarkan nama baik keluarga. *team/syah
Labels:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget