[img src="https://1.bp.blogspot.com/-y5vc1w5WmmI/Wvu0-zyCxSI/AAAAAAAAE1k/6-N0xM6XlYERbg8k5nHriuOLiwFrZiWpACLcBGAs/s1600/150%2Bx%2B450%2Bbanner.png"/]

Satpol PP Validasi Data Linmas

Tingkatkan Kapasitas dan Kemampuan, Satpol PP Validasi Data Linmas
Pasuruan - Suarahariapagi.com
   Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kota Pasuruan bersama Kasi Trantib kelurahan se-Kota Pasuruan gelar Rapat koordinasi (Rakor) pelaksanaan kegiatan updating data Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada Selasa, 21 Oktober 2017 di aula kantor Satpol PP. Diketahui sebanyak 1500 anggota Linmas se-kota Pasuruan sebelumnya, sesuai dengan daftar jumlah tahun 2017 ada 975 anggota yang aktif yakni terdiri dari; Kecamatan Bugul Kidul sebanyak 181 anggota, Kecamatan Purworejo sebanyak 237 anggota, Kecamatan Panggungrejo sebanyak 347 anggota dan untuk Kecamatan Gadingrejo ada sebanyak 210 anggota Linmas.
   Satpol PP kota Pasuruan melalui Kabid Perlindungan Masyarakat  ' Erdeni Dinarta ' akan melakukan verifikasi dan validasi terkait data anggota Linmas ditiap Kelurahan. Selanjutnya Erdeni juga akan membentuk Komandan Regu (Danru) di lima bidang di antaranya; Danru Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan dini, Pengamanan, Pertolongan pertama pada korban dan kebakaran, Penyelamatan dan evakuasi serta Danru Dapur umum.
   "Melalui kelurahan kita lakukan pendataan terhadap anggota yang proaktif, selain itu juga kita akan bentuk komandan regu pada lima bidang yang ada," ujar Erdeni kepada awak SHP, seusai acara Rakor di gelar.  Selain data base keanggotaan Linmas se-kota Pasuruan, juga didukung adanya fasilitas Pos Kamling sebanyak 409 unit yang juga tersebar di tiap kelurahan namun sebanyak 30 unit Pos Kamling mengalami kerusakan.
   Dirinya juga menambahkan, bahwa dari hasil secara evaluasi kinerja selama setahun, pihaknya akan mengusulkan melalui Musrenbang ditiap Kelurahan supaya anggota Linmas mendapat tunjangan dan reward.  " Bila kinerja anggota selama setahun ada peningkatan, melalui Musrenbang kelurahan kita ajukan tunjangan selain itu juga kita buatkan kartu anggota,"  tambahnya Kabid Linmas tersebut.
   Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Linmas dan Permendagri nomor 42 tahun 2017 tentang penyelenggaraan peningkatan kapasitas anggota Linmas.  Maka, mengacu pada Permendagri nomor 84 tahun 2014 pada pasal 5 Kepala desa atau Lurah merekrut calon anggota Linmas sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan secara sukarela dan terbuka bagi seluruh warga. Untuk itu, melalui organisasi yang dibentuk oleh pemerintah desa/kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat. Anggota yang direkrut dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana serta ikut memelihara keamanan, kegiatan sosial kemasyarakatan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.  *ko/syah


Posting Komentar

[facebook]

XxX

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget